Kuliah Umum Ilmu Kefarmasian “Pengembangan Tanaman Obat Sebagai Alternatif Pengobatan dan Income Generating”

Kuliah umum merupakan agenda tahunan untuk mengawali perkuliahan di tahun ajaran baru. Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta motivasi kepada mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan perkuliahan. Tidak hanya mahasiswa baru, kuliah umum juga diikuti oleh mahasiswa dan dosen Program Studi D3 Farmasi maupun S1 Farmasi.

Kuliah umum kali ini diisi oleh Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU., Apt, seorang Guru Besar Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau merupakan Guru Besar dalam bidang Kimia Bahan Alam dan juga seorang apoteker.

Kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Septermber 2019 ini mengusung tema “Pengembangan Tanaman Obat Sebagai Alternatif Pengobatan dan Income Generating”. Tema ini selaras dengan visi S1 Farmasi yg unggul dalam bidang herbal medicine.

Dalam kuliah umum ini beliau menyampaikan keberagaman hayati tanaman obat yang dimiliki oleh Indonesia sementara pemanfaatannya sebagai produk obat masih sangat minim. Beliau mengajak kepada calon-calon farmasis untuk mengembangkan tanaman obat menjadi produk jadi sehingga dapat disandingkan penggunaannya dengan obat konvensional/obat kimia yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *