Kunjungan Mahasiswa D3 Farmasi ke BBPOM Kota Mataram

Dalam rangka melaksanakan praktik kerja farmasi, mahasiswa D3 Mataram melakukan kunjungan ke Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) kota Mataram pada hari kamis 5 Maret 2020. Pelaksanaan Praktik Kerja Farmasi di BBPOM Mataram adalah rangkaian proses pembelajaran ilmu farmasi yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebagai tindak lanjut dari pembelajaran teori dan praktikum di perkuliahan.

Tujuan dari PKF di BBPOM ini yakni memberi pengalaman nyata kepada mahasiswa agar maasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perannya sebagai ahlimadya farmasi yang professional berbasis kompetensi.

Kegiatan kunjungan ini dimulai dengan pemaparan profil BBPOM oleh Bpk Drs. I Nyoman Sumasada, Apt. M.H., Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM Mataram. Bapak I Nyoman memaparkan profil BBPOM Mataram yang diantaranya terdiri dari visi misi, tupoksi, peran BBPOM dalam Masyarakat serta SDM di BBPOM Mataram.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan mahasiswa D3 farmasi. Di sini, mahasiswa sangat antusias dengan mengemukakan beberapa pertanyaan terkait tupoksi yang dilaksanakan oleh BBPOM Mataram. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa D3 Farmasi disambut dengan baik oleh Bapak I Nyoman selaku pemateri.

Setelah pemaparan profil BBPOM dan sesi tanya jawab, mahasiswa lalu diantarkan oleh petugas untuk memasuki laboratorium pengujian yang ada di BBPOM Mataram. Terdapat lima laboratorium yang dikunjungi oleh mahasiswa yakni laboratorium terapetik, narkotik, psikotropika, zat adiktif lain, laboratorium obat tradisional, laboratorium kosmetik, produk komplimen, laboratorium pangan dan bahan berbahaya. Dalam laboratorium, mahasiswa dipandu oleh petugas laboratorium dan mendapatkan pemaparan terkait pengujian produk yang dilakukan di dalam laboratorium.

Acara ditutup dengan foto bersama oleh pejabat BBPOM, dosen dan mahasiswa Program Studi Farmasi, FIK UMMAT. Dalam foto tersebut, tangan kami menunjukkan tanda “Cek KLIK” yang merupakan sologan dari BPOM yang bermakna Cek Kemasan, Cek Label, Cek izin edar dan cek Kedaluwarsa produk obat, kosmetika dan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *