FIK UMMAT melakukan pengukuran kepuasan layanan manajemen FIK UMMAT dengan menggunakan instrumen yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Pengukuran kepuasan layanan dilakukan setiap akhir semester secara konsisten dan seluruh data terakam secara komprehensif. Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan komputer. Hasil analisis dari tingkat kepuasan akan digunakan sebagai umpan balik untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu luaran secara berkala dan tersistem. Selain itu hasil analisis digunakan sebagai review bagi seluruh pengelola dan pelaksana penyelenggara pendidikan terhadap pelaksanan pengukuran kepuasan. Hasil survey kepuasan terhadap manajemen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram pada katagori “sangat puas”
FIK UMMAT telah melakukan pengukuran kepuasan layanan manajemen yang ditujukan kepada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna lulusan dan mitra Kerjasama, dengan menggunakan instrument yang telah dilakukan tes uji validitas dan reabilitas menggunakan uji pearson product moment. Pengkuran kepuasan telah dilakukan secara berkala setiap tahun dan komprehensif. Hasil uji validitas dan reabilitas yang didapat pada kuisoner kepuasan mahasiswa dengan nilai alpha=0,84. Kuisoner kepuasan dosen yang telah dilakukan uji validitas dan relabilitas dengan nilai alpha=0,88. Kuisoner tenaga kependidikan yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan nilai alpha=0,76. Kuisoner kepuasan lulusan telah dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan nilai alpha=0,86. Selanjutnya pada hasil kuiosoner kepuasan pengguna lulusan dari uji validitas dan reabilitas didaptkan nilai alpha=0,99 . Pada kuisoner kepuasan mitra Kerjasama hasil validitas dan reabilitas didapatkan nilai alpha= 0,97 . Pengukuran kepuasan dilakukan oleh Lembaga Penjamian Mutu Internal (LPMI) setiap tahunnya secara konsisten dan menyeluruh. Data yang dikumpulkan secara komprehensif menggunakan kuisoner melaui google form.
Skala Likert Pengukuran Kepuasan Mahasiswa
∑ 𝐷𝑎𝑡𝑎 𝗑 𝐵𝑜𝑏𝑜𝑡Hasil data mentah kemudian diolah untuk mengukur tingkat kepuasan dengan perhitungan sebagai berikut:
𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑅𝑒𝑠𝑝𝑜𝑛𝑑𝑒𝑛
Dari hasil pengolahan data kemudian dapat didapatkan tingkat kepuasan masing-masing aspek pertanyaan pada masing-masing aspek. Nilai rerata aspek pertanyaan ini yang menjadi hasil akhir tingkat dosen dan tenaga kependidikan terhadap terhadap pengelolaan layanan FIK UMMAT yang ingin diketahui. Rerata (mean) dari masing-masing komponen pertanyaan dinilai dengan rentang skor (range) berikut:
Tabel 2.2 Rentang Skor dan Deskripsi Tingkat Kepuasan